Sabtu, 03 Agustus 2024

Aplikasi RESPEK Versi Sumut Hebat Milik Disnakersu Raih NSIF 2024

    Sabtu, Agustus 03, 2024  


PATIMPUS.COM - Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Drs H A Fatoni MSi memberikan penghargaan kepada Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara atas prestasi yang diukir menjadi Juara III untuk kategori Inovasi Perangkat Daerah pada ajang North Sumatera Innovation Forum 2024 (NSIF 2024), yang berlangsung pada 30 Juli – 1 Agustus 2024 di lapangan parkir Kantor Gubernur Sumatera Utara.


Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Fatoni atas pencapaian yang diperoleh aplikasi 'RESPEK Versi Sumut Hebat' milik Dinas Ketenagakerjaan Sumatera Utara (Sumut).


'RESPEK Versi Sumut Hebat' milik Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara ini merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan dalam memberikan layanan K3, khususnya untuk proses verifikasi dan penerbitan keterangan memenuhi/tidak memenuhi syarat K3 bagi peralatan, instalasi, atau objek K3 di perusahaan, dan menjadikan Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan sebagai pejabat penanggung jawab penandatangan Surat Keterangan Layak dari hasil riksa uji.


Aplikasi RESPEK ini dibangun dan dioperasikan sejak tahun 2022, pada awalnya merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi dengan memangkas waktu yang dibutuhkan untuk layanan tersebut menjadi 7 hari dari sebelumnya 14 hari ketika dilakukan secara manual, dimana saat itu hanya ditandatangani oleh Kepala Dinas saja.


Selain untuk pemangkasan birokrasi, penguatan fungsi dan kewenangan UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan, dan ketersediaan data peralatan/instalasi/objek K3, melalui inovasi RESPEK Versi Sumut Hebat ini telah terjadi kenaikan signifikan hingga 400% untuk jumlah pelaksanaan riksa uji peralatan/objek K3 sejak 2022 hingga 2023. 


Hal ini menggambarkan efektivitas aplikasi RESPEK Versi Sumut Hebat dalam mendorong kepatuhan perusahaan dalam penerapan K3 meningkat tajam.


Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara, Dr. Drs. M. Ismael P. Sinaga, M.Si. menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian tersebut, dan berjanji akan terus meningkatkan performa aplikasi RESPEK Versi Sumut Hebat ini kedepan dengan menambah fitur-fitur baru untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.


“Melalui inovasi ini, diharapkan kedepannya angka kecelakaan kerja di Sumatera Utara akan dapat ditekan. Untuk itu, kita akan mengembangkan aplikasi ini dengan menambahkan jenis-jenis layanan K3 lainnya, yakni pengesahan P2K3, pelaporan P2K3, dan laporan pelaksanaan layanan kesehatan kerja di perusahaan.  Sehingga upaya kita dalam mewujudkan pekerja terlindungi dan produktivitas meningkat untuk Sumatera Utara Mantap dan Harmoni dapat tercapai”, ungkap Ismael.


Ismael menambahkan, North Sumatera Innovation Forum 2024 (NSIF-2024), yang diselenggarakan oleh Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara menampilkan beragam inovasi baik dari perangkat daerah, akademisi, pelajar, maupun perorangan. Melalui ajang ini, diharapkan masyarakat akan termotivasi dan muncul inovasi-inovasi yang implementatif. (soni)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.