Rabu, 10 Juli 2024

Pasar Kamu Bersama FIB USU Adakan Pelatihan Kepada Pedagang Muslim Thailand

    Rabu, Juli 10, 2024  


PATIMPUS.COM - Pengabdian Internasional Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) bekerjasama dengan The Office of Islamic Committee of Bangkok Metropolis, Thammasat University Thailand dan Pasar Kamu mengadakan pengabdian internasional bertema The Strengthening of Muslim Small Scale Traders in Bangkok Thailand and Pasar Kamu Deli Serdang Sumatera Utara Indonesia kepada pedagang Muslim di Bangkok.


Kegiatan pengabdian internasional adalah pelatihan, berdiskusi dan saling tukar pengalaman menjual dan memasarkan produk (kuliner) lokal antara pedagang Muslim di Bangkok dan Pasar Kamu untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


Kegiatan pengabdian internasional dilaksanakan di ruang pertemuan The Office of Islamic Committee of Bangkok Metropolis dihadiri tiga puluh pedagang perempuan setempat yang memproduksi kuliner lokal dan produk kuliner kemasan modern dengan suasana pelatihan, diskusi dan bertukar pikiran secara terbuka dalam menyampaikan  pengalaman aktivitas ekonomi tempatan dan jejaring pemasarannya ke berbagai gerai oleh-oleh  sampai menggunakan aplikasi daring, online application, memasarkan produknya.  


Sedangkan Pengabdian Internasional  FIB USU memberi materi  pelatihan dan  pengalaman mengorganisir pedagang kuliner  tradisional tempo dulu dan sistem pengelolaan Pasar Kamu yang diadakan setiap hari Minggu di Kampung Denai Lama Deli Serdang  Sumatera Utara yang disampaikan Dedi Sofyan, pendiri dan pengelola Pasar Kamu. 


Pengalaman upaya melestarikan dan memertahankan kuliner tradisional tempo dulu yang dimasak dan dikemas bukan secara tradisional yang mendatangkan pendapatan ekonomi masyarakat menjadi pengalaman menarik bagi pedagang Muslim Bangkok.


Pengabdian Internasional FIB USU berakhir dengan kesepakatan pedagang Muslim Bangkok akan berkunjung ke Pasar Kamu Deli Serdang Sumatera Utara sebagai pertukaran kunjungan untuk melihat pengelolaan pelestarian dan promosi kuliner tradisional tempo dulu yang dengan cepat menggerakkan dan menggeliatkan ekonomi masyarakat lokal.


Selesai kegiatan pengabdian 4-5 Juli 2024 Tim Pengabdian Internasional FIB USU dibawa melihat lokasi pembuatan kuliner lokal dikemas modern dan kekinian dengan modal  besar di Bangkok sembari menujukkan dan mencicipi kurma yang dibudiayakan  pedagang Muslim Bangkok dilahan pertanian mereka.


Pengabdian internasional FIB USU  yang diketuai Prof. Budi Agustono  dilaksanakan di di Kantor The Office of Islamic Committee of Bangkok Metropolis di Bangkok hadir dan memberi sambutan Direktur Pusat Kajian Asia Timur  Universitas Thammasat, President of the Office of Muslim Committee of Bangkok Metropolis, pedagang Muslim, dan pengurus organisasi pedagang Muslim Bangkok. (rel)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.