Senin, 24 Juni 2024

Tiba di Tanah Air, Jamaah Haji Kloter 1 Disambut Hujan dan Azan

    Senin, Juni 24, 2024  


PATIMPUS.COM -  Jamaah haji debarkasi Medan Kelompok Terbang (Kloter I) tiba di Tanah Air pada Senin (24/6/2024) dinihari. 

Setibanya di Bandara Kualanamu Deliserdang, jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Asahan ini disambut hujan yang penuh rahmat dan langsung dibawa ke Asrama Haji Medan.

Saat tiba Asrama Haji Medan, para jamaah haji Kloter I ini pun disambut dengan kumandang azan Subuh seolah-olah menyambut kepulangan para dhuyifurrahman tersebut.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM menyambut jemaah haji di Aula 1 Madinatul Hujjaj, dalam sambutannya Qosbi mengucapkan Ahlan Wa Sahlan Dhuyufurrahman telah kembali di tanah air dengan selamat dan berharap sepulangnya jamaah ke tengah masyarakat nanti dapat menjaga dan merawat predikat haji mabrur dengan baik.

"Ahlan Wa Sahlan Dhuyufurrahman, selamat kembali ke tanah air, semoga segala amal ibadah para jemaah haji di terima Allah SWT serta meraih predikat haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurah," ucap Qosbi.

"Kita berharap jamaah haji Sumatera Utara, khususnya dari Kabupaten Asahan yang pulang hari ini, dapat merawat dan menjaga predikat Haji Mabrur dan Mabruroh. Kami berharap mereka membawa kedamaian dan ketenangan di keluarga, lingkungan, dan tempat kerja mereka," tambah Qosbi lagi.

Sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut, Ahmad Qosby berpesan kepada para jamaah haji bahwa pentingnya membentuk majelis taklim bahkan Serikat Tolong Menolong (STM) di tingkat Kabupaten atau Kecamatan untuk melaksanakan doa dan zikir demi keselamatan diri, keluarga, serta bangsa dan negara. 

"Kami berharap para jamaah haji dapat terus merawat Mabrur dan Mabruroh Haji itu. Salah satunya adalah membentuk pengajian untuk silaturahmi dan menjaga ukhuwah," terang Qosbi. 

Terkait pelaksanaan ibadah haji, Ahmad Qosby melaporkan jemaah haji Kloter 1 Debarkasi Medan berasal dari Kabupaten Asahan berjumlah 357 orang. Tiga jemaah haji wafat pada kloter ini dan secara keseluruhan jemaah haji Embarkasi Medan yang wafat berjumlah 14 orang.

"Mudah-mudahan kita berharap semoga jamaah yang dipanggil Allah ini menjadi orang yang saleh dan saleha, karena mereka melaksanakan rukun Islam yang kelima, ibadah haji," ujarnya. 

Ahmad Qosby juga menjelaskan, proses asuransi bagi jamaah haji yang meninggal dunia diserahkan ke Kemenag masing masing. Pihaknya membantu agar cepat selesai. 

"Proses asuransi akan diarahkan ke kabupaten atau kota untuk disampaikan ke keluarga. Administrasinya akan kami bantu, dan uang asuransi akan dikembalikan ke rekening jamaah yang bersangkutan," jelasnya. 

Selain itu, Ahmad Qosby memastikan bahwa proses penyambutan jamaah haji dilakukan dengan tertib dan rapi. "Kami atur agar jamaah tidak perlu mencari-cari koper mereka. Petugas akan mengatur pengambilan koper sesuai nomor urut, sehingga prosesnya lebih cepat dan efisien," tutupnya. 

Kedatangan kloter pertama ini menandai dimulainya fase pemulangan jamaah haji Sumut, yang diharapkan berjalan lancar hingga kloter terakhir. 

Turut hadir pada acara tersebut Pj Gubernur Sumater Utara diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprovsu Dr. Agus Tri Priyono, SE, M.Si, Wakil Bupati Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si, Sekretaris PPIH Embarkasi Medan Dr.H. Zaulpan Efendi, M.Si dan Wakil Sekretais H. Muhammad Yunus, MA. (Soni)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.