Minggu, 30 Juni 2024

Rico Waas Dinilai Sosok Pemimpin Muda Yang Interaktif, Pengayom Dan Punya Program Terukur Majukan Medan

    Minggu, Juni 30, 2024  


PATIMPUS.COM - Pasca resmi dideklarasikan Partai NasDem menjadi Bakal Calon (Balon) Wali Kota Medan pada (Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang, Rico Tri Putra Bayu Waas atau akrab disapa Rico Waas gencar melakukan interaksi komunikasi melalui berbagai kunjungan silaturahmi ke berbagai tokoh.

Kunjungan silaturahmi kepada tokoh-tokoh yang ada di Sumatera Utara khususnya Kota Medan ini, semata untuk menyerap aspirasi, meminta wejangan dan masukan langsung serta doa.

Saat dikonfirmasi awak media via WhatsApp Sabtu (29/6/2024), Rico Waas menyatakan siap untuk memajukan Kota Medan dan membenarkan giat kunjungan silaturahmi ke para tokoh untuk berinteraksi, bertukar fikiran, meminta wejangan doa dan menyerap serta mendengar langsung aspirasi masukan.

"Disiplin ilmu saya kan desain grafis, dan dalam keluarga saya juga mengalir darah seni dan jurnalis, Itu yang membuat saya suka mendengar dan mengamati, jadi karena itu saya melakukan interaksi dan kunjungan silaturahmi ke para tokoh untuk bertukar fikiran, meminta wejangan doa dan menyerap, dan mendengarkan langsung aspirasi masukan dari mereka," jelas Rico Waas.

Dengan sikap ramah dan santun Rico Waas, menceritakan giat kunjungan silaturahmi tersebut kepada awak media.

Hari pertama, Rico Waas yang juga Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem melakukan kunjungan silaturahmi ke kediaman mantan Wali Kota Medan dua periode, Drs. H. Abdillah, SE, Ak, MBA di Jalan Perak, Medan Area, pada Senin 24 Juni 2024 lalu.

"Ya, pertama saya bertemu dengan Pak Abdillah, Beliau sudah saya anggap orang tua saya sendiri, Saat bertemu beliau, saya mendapatkan banyak nasihat dan masukan tentang memimpin Kota Medan," ungkap Rico.

Saat Rico Waas mengunjungi Abdillah. Mantan Wali Kota Medan dari tahun 2000 hingga 2008 ini menilai keputusan Partai NasDem menugaskan Rico Waas untuk maju menjadi calon Wali Kota Medan di Pilkada 2024 sudah sangat tepat dan Rico Waas sosok pemimpin muda yang layak memimpin Medan.

Dihari yang sama, Keponakan Surya Paloh ini melakukan kunjungan di Medan Belawan. Rico Waas melakukan kunjungan silaturahmi dan menyapa warga Kecamatan Medan Belawan, di Kelurahan Belawan I mendengarkan langsung aspirasi masyarakat pada Senin 24 Juni 2024 lalu. Pada

Bila terpilih jadi Wali Kota Medan periode 2024-2029, Rico Waas berjanji akan memberi perhatian khusus untuk Medan Utara khusus Belawan dan akan berupaya untuk mengatasi berbagai permasalahan yang kerap dialami masyarakat disana, seperti persoalan banjir rob, peluang kerja yang kecil dan terkait kenyamanan.

Sikap sopan santun yang dimiliki Rico Waas, yang mau berbaur dan berinteraksi mendengarkan masyarakat kecil, menjadi nilai plus warga terhadapnya. Menurut warga, Rico Waas merupakan sosok pemimpin yang memiliki sikap attitude mengayomi.

Setelah bertemu Abdillah dan menyapa warga Belawan, Dihari kedua, Rico menjumpai Sultan Deli ke-14, Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah atau Tuanku Aji, di Istana Maimun Jalan Brigjend Katamso, Kota Medan, pada Selasa 25 Juni 2024. 

"Bersama Tuanku Aji saya berdiskusi panjang soal kebudayaan dan bagaimana cara mengembangkannya. Khususnya budaya Melayu di Kota Medan," ujar Rico.

Di hari ketiga ini, Rico dan rombongan bergerak menuju Langkat, bersilaturahmi ke Tuan Guru Syekh Dr. Zikmal Fuad MA, untuk mendengarkan wejangan dan masukan yang lebih bersifat spiritual dari Tuan Guru Babussalam ke-13 itu pada Rabu 26 Juni 2024.

Selain itu, kunjungan Rico Waas sekaligus sungkem meminta doa dan support dari Tuan Guru Syekh Dr. Zikmal Fuad, agar menguatkan niat menuju perjalanan ke Pilkada Medan mendatang hingga sampai nanti terpilih dan memimpin Kota Medan periode 2024-2029.

"Tuan Guru Babusallam Besilam Syekh Dr. Zikmal Fuad, ini merupakan tokoh agama kharismatik yang sangat dihormati di Sumut, bahkan Indonesia. Oleh karena itu saya sungkem kepada beliau dan mendengar nasihat dan masukan, doa support dari Tuan Guru," kata Rico Waas.

"Alhamdulillah, tadi saya mendapatkan banyak masukan dari Tuan Guru. Mulai dari bagaimana menjaga diri dan bersabar. Kemudian berikhtiar dan tetap memanjatkan doa kepada Allah SWT," tambah Rico Waas.

Selanjutnya, Rico Waas dan rombongan mengunjungi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, H Hasan Matsum di Kantor MUI Kota Medan, Jalan Nusantara, Kecamatan Medan Kota pada Kamis sore 27 Juni 2024.

Dalam kunjungan tersebut Hasan Matsum mengapresiasi niat baik Rico Waas untuk maju dalam pemilihan Wali Kota Medan periode 2024-2029.

Menurut Hasan Matsum dalam keterangannya saat Rico Waas dan rombongan berkunjung, saat ini warga Kota Medan memang membutuhkan tokoh atau calon pemimpin yang memiliki pemikiran seperti Rico Waas, yakni sosok Rico mempunyai program kerja terukur dan muncul dari pemikiran brillian yang mudah direalisasikan.

Hasan Matsum berpesan, jika Rico Waas memimpin Kota Medan, agar melanjutkan apa yang sudah baik, seperti pembangunan Islamic Centre yang diyakini tidak tuntas pada tahun ini.

Saat ditaya terkait niat dan gagasannya untuk memajukan Kota Medan, Rico Waas menilai Kota Medan memiliki potensi luar biasa yang tidak dimiliki kota-kota lainnya. 

Ketua DPW Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) Sumut ini mengatakan, jika terpilih menjadi Wali Kota Medan, Rico Waas  ingin semua elemen masyarakat, khususnya anak-anak muda, bisa intens bertukar pikiran dan gagasan dengannya untuk menata Kota Medan.

Menurut Politisi muda Partai Nasdem ini, salah satu potensi Kota Medan ada pada keanekaragaman seni dan budaya yang dimiliki. Ia mengatakan Medan harus punya rasa, sehingga setiap orang luar yang datang mendapat kesan yang baik dan membuatnya ingin selalu kembali lagi. 

Rico Waas menambahkan, keanekaragaman budaya yang dimiliki masyarakat Kota Medan, merupakan modal yang tidak dimiliki oleh Kota lain. Ia ingin menjadikan kota ini semakin beradab.

Selain itu, Kota Medan juga memiliki potensi ekonomi yang belum digarap secara maksimal, dan juga memiliki potensi ragam kuliner yang menunjukkan orang Medan adalah orang-orang kreatif. 

Rico Waas juga menyinggung akan mengatasi persoalan-persoalan kompleks dan mendasar Kota Medan yang belum terselesaikan, seperti peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, ekonomi dan perbaikan infrastruktur, terkait hal tersebut, ia mengaku ingin mendesain Kota Medan dengan pendekatan estetis.

Sedangkan terkait berkembangnya penyakit sosial, seperti maraknya begal, narkoba, judi di Kota Medan, Rico Waas mengaku persoalan cukup kompleks ini, dilakukan dengan penanganan secara holistik.

"Masalah ekonomi, pendidikan dan sempitnya ruang ekspresi juga ikut mempengaruhi hal itu. Tapi itu tidak bisa menjadi pembenaran. Sebenarnya solusi-solusi untuk mengatasi itu sudah dilakukan dan saya yakin, sekarang ini kita sedang mengarah ke arah yang lebih baik," tutup Rico Waas. (Soni)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.