Sabtu, 29 Juni 2024

Jamaah Haji Kloter 5 Selamat Sampai Di Tanah Air

    Sabtu, Juni 29, 2024  


PATIMPUS.COM - Jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 5 asal Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Medan dan Karo tiba di tanah air sekitar pukul 22.15 WIB dan langsung dibawa ke Asrama Haji Medan. Jumat (28/6/2024).

Sebanyak 354 jamaah haji Kloter 5 telah kembali selamat ke tanah air, tampak terlihat raut wajahnya cerah dan sehat walaupun sempat delay kurang lebih 4 jam dari jadwal semula.

Menurut jadwal semula Ketibaan jamaah haji Kloter 5 pada pukul 15.45 Wib lalu berubah informasi landing sekira pukul 18.45 Wib, akhirnya pesawat tiba di bandara sekira pukul 20.04 WIB dan sampai di Asrama Haji pukul 22.15 WIB. 

Petugas Haji Daerah (PHD) dari Pematang Siantar A Sukri mengatakan suasana selama di Tanah suci sangat baik dan seluruh fasilitas dan kebutuhan lainnya terpenuhi, petugas haji saling bekerja sama.

"Selama kami di Armina tidak ada kurang satu apapun. Kerjasama antara petugas haji para Karu dan Karom sangat luar biasa. Kebutuhan jamaah seluruhnya terpenuhi. Bahkan terkesan sangat mewah. Makanan mulai dari buah sampai dua macam. Kue dan roti dua kali masuk, bahkan sampai tiga kali masuk, " ujar A Sukri kepada wartawan di Asrama Haji Medan menunggu antrian naik bus untuk kembali berangkat ke Pematang Siantar.

Dikatakan Sukri lagi, masalah tempat yang kecil saat di Mina bisa teratasi. Yaitu para jamaah aplusan ketika mau melontar jumarat. Saat ada yang meluntar, jamaah yang  lain istirahat. Jarak 2 - 3 jam kemudian bergantian berangkat melampar jumarat  Jadi lokasi untuk tidur di Mina lapang. 

"Bahkan kami dapat shalat berjamaah di Armina," ujar Syukri.

Satu hal yang sangat luar biasa ditambah Syukri, bahwa tidak ada dan tidak pernah satupun jamaah Kloter 5 merujuk ke Rumah Sakit Saudi. Sebanyak 354 jamaah dalam Kloter 5 ini sehat-sehat baik itu berangkat maupun kembali. 

"Kalau ada yang sakit cukup ditangani petugas kesehatan dan perawat yang ada di Kloter saja. "Alhamdulillah semua sehat dan selamat, berangkat 354 jamaah dan pulangnya pun 354 jamaah juga," tutup Syukri.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi Nasution  diwakili Kabag TU H Muhammad Yunus menyambut kedatangan jamaah haji kloter 5 di Madinatul Hujaj diterima.

Ia mengatakan tamu-tamu Allah Kloter 5 dari wajahnya terlihat menjadi haji mabrur mabrurah. "Selama 42 hari lalu jamaah dilepas dari aula ini menuju Tanah Suci dan pada hari ini kami terima bapak ibu di sini juga. Selama beribadah di Tanah Suci menjadi haji mabrur, mabrurah, mudah-mudahan bisa dijaga dan menjadi penyejuk di tengah-tengah masyarakat." ucapnya. 

Ditambahnya lagi, sampai hari ini jumlah jamaah haji yang wafat di Tanah Suci dari debarkasi Medan sudah ada 16 orang. "Mari kita kirim doa dan bacakan surah  Alfatehah.buat jamaah haji kita yang wafat di Tanah Suci," ujar Yunus memimpin baca Surah Alfatihah.

Semoga lanjut Yunus, jamaah haji dari Siantar Tebing Tinggi, Karo dan Medan, sehat walafiat. 

"Mohon maaf kami andai ada pelayanan dan perhatian kami kurang berkenan. Selamat kembali ke Tanah Air dan selamat jalan sampai ke daerah bertemu keluarga," tutup Yunus. (Soni)

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write Berikan komentar anda
© 2023 patimpus.com.